Kepsek SDN 023 Pandau Jaya, Arpius S.Pd Bagikan 400 Eks Lebih Buku Amaliyah Ramadhan 1445 H

  • Red
  • 16 Maret 2024, 11:19:00 WIB
  • Pendidikan
SHARE 

Berkabar Nusa (Kampar) -  Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri 023 Pandau Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Arpius, S.Pd membagikan secara gratis kepada anak didiknya Buku Amaliyah atau Buku Agenda Ramadhan 1445 Hijriah, Jumat (15/03/2024) menjelang siang kemarin.

" Kita berikan buku Amaliyah Ramadhan ini untuk semua murid dari kelas I sampai kelas VI secara gratis," kata Arpius kepada awak media saat memberikan langsung bantuan itu secara simbolis bersama-sama dengan majelis guru di halaman sekolah.

Kata Arpius, buku Amaliyah Ramadhan ini bertujuan supaya anak bisa meramaikan masjid dan ikut melaksanakan sholat tarawih, sholat wajib, mengikuti ceramah dan yang lainya.

 ," Dengan buku Amaliyah Ramadhan ini kita juga mengajarkan anak jujur dan bertanggungjawab dalam menjalan ibadah agama selama bulan ramadhan ini," ucap Arpius.

Dijelaskan beliau,  Buku Amaliyah Ramadhan sendiri berisi beberapa bagian yang harus diisi oleh siswa, tentunya dengan jujur dan ditandatangani oleh orang tua, Ibadah kegiatan-kegiatan lain di Bulan Ramadhan seperti Puasa Ramadhan, Shalat Wajib Lima Waktu, Shalat Sunnah Tarawih, Tadarus Al-Quran, Shalat Jumat, Hafalan Surat-Surat Pendek (Juz`ama), Hafalan Ayat Kursi, Hafalan Surat Yasin, Hafalan dan Praktik Tata Cara Berdo`a dan hingga Shalat Ied.

Agenda Kegiatan Ramadhan mengajari siswa/i untuk berusaha jujur dan taat beribadah sehingga siswa/i bisa meningkatkan kualitas beribadahnya selepas Bulan Ramadhan. Agenda Kegiatan Ramadhan juga meningkatkan semangat paramurid dalam menjalani Ibadah-ibadah di Bulan Ramadhan.

Hal yang unik namun penting dari Agenda Kegiatan Ramadhan adalah dimana siswa/i harus mengisi rangkuman dari ceramah sebelum Sholat Tarawih, saat Sholat Jumat bagi siswa laki-laki, dan setelah Shalat Ied. Tentunya siswa/i harus datang ke Masjid dan tidak boleh ketinggalan Shalat berjamaah. 

Selain itu, siswa/i juga wajib mendapatkan tandatangan dari penceramah ketika rangkaian ibadah Shalat Tarawih, Shalat Jumat, dan Shalat Ied selesai.

Manfaatnya bagi murid kita tentu ada. Selain menjadi ajang mencari nilai tambahan untuk mata pelajaran Agama Islam . Agenda Kegiatan Ramadhan juga melatih mereka dalam mempertanggung jawabkan kegiatan Ibadah mereka di Bulan ramadhan. 

Setelah Hari Raya Idul Fitri tiba dan libur sekolah berakhir, siswa wajib mengumpulkan Agenda Kegiatan Ramadhan untuk dinilai oleh guru mereka. Apapun hasilnya, tentu para siswa/i harus siap dengan hasil yang diperoleh.

" Semoga apa yang kita berikan saat ini bisa menjadi amal baik bagi kami paratenaga pendidik, semoga buku yang diberikan bisa menambah ketaqwaan anak didik kita kepada Allah SWT.  Semoga anak didik kami kelak menjadi ahli agama dan memiliki rasa bertanggungjawab dan jujur," pungkas Arpius.***

Editor : Red

SHARE

Berita Terkait