Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Punya Program Aplikasi Google Education Grup,SMAN 1 Gedangan Masuk Kandidat Sekolah Rujukan Google (KSRG)

  • Khairul
  • 21 September 2024, 10:02:00 WIB
  • Pendidikan
SHARE 

              

Sidoarjo,Berkabar Nusa.Com - Seiring  dengan perkembangan jaman seperti saat ini semua serba digital.Untuk mempermudah pembelajaran ke anak didik di era digital seperti ini, guru harus mempunyai bekal diberbagai pembelajaran online      

Kali ini, melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur,Guru SMAN 1 Gedangan mengikuti ujian google education grup.       

"Ada tiga sekolah yang merupakan Kandidat Sekolah Rujukan  Google (KSRG) yang langsung ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur ,yaitu sekolah SMKN 12 Surabaya,SMAN 1 Gedangan Sidoarjo,SMAN 1 Balongpanggang Gresik,"terang Budi Santoso ST ,Trainer google education grup saat ditemui Jurnalis,Jumat,(20/9/2024).  

Ia menambahkan, aplikasi google education grup berdiri mulai Tahun 2015.Seperti hari ini kami melakukan ujian untuk guru.Tentunya melalui ujian untuk mencapai kelulusan berbagai level sampai menjadi coach bersertifikat.       

Selain itu, di setiap daerah nantinya ada perwakilannya seperti Malang ,Surabaya serta Tangerang.Bahkan sampai seluruh Indonesia hingga luar Negeri google education itu ada.     

"Tujuannya adanya aplikasi google education grup untuk memperkenalkan produk ke guru seperti google slide ,google Drive, google Documen Spreedsheet,  google Classroom dan sebagainya yang masih belum guru ketahui. Pastinya untuk lebih mudah pembelajaran di era digital.Dan kami pun tidak jualan produk semua ini gratis," ujarnya.        

Di sisi lain, Achmad Rodi S,ST mewakili Kepala Sekolah SMAN 1 Gedangan Dra.Nina Dwi Suryani, M.Pd menyatakan,melalui program dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur hari ini ada sekitar 30 guru mengikuti ujian level 1 google education grup. Guru yang lulus ujian Leve 1 akan mendapatkan sertifikat 'Pendidik tersertifikasi Google' dan naik ke level berikutnya level 2  hingga menjadi coach.

Seperti dulu, waktu pandemi pembelajaran semua lewat online.Nah dengan adanya ujian ini,guru mempunyai bekal pembelajaran digital. Bahkan saat pendemi sudah berakhir pembelajaran digital ini masih terus digunakan dan dikembangkan.     

Tentunya,ujian google melalui penjaringan yang sangat ketat untuk bisa lulus mencapai level yang lebih tinggi seperti pendidik tersertifikasi google sampai coach.    

"Kalau sudah lulus menjadi coach bisa  keliling sekolah seluruh  Indonesia untuk memberikan pelatihan berkaitan dengan pembelajaran digital dari produk google,itu pun tidak mudah melalui proses yang sangat panjang,"pungkasnya.(Wr)

Editor : Khairul

SHARE

Berita Terkait